Kumpulan Website Media Pembelajaran Online untuk Anak


Hallo teman-teman, sudah lama tidak memposting masalah tentang media pembelajaran, kali ini saya akan dikit men-share tentang beberapa website yang bisa kita gunakan sebagai media pembelajaran online. Di beberapa website ini, berbahasa inggris dan selebihnya berbahasa Malaysia, karena sepengetahuan saya, di Indonesia belum ada media pembelajaran yang bentuknya online seperti layaknya website-website di bawah ini. Sekali merengkuh dayung dua tiga pulau terlampaui, itulah kata pepatah, kita dapat menggunakan media pembelajaran online ini sebagai media dalam hal pembelajaran materi yang kita ajarkan, namun kita juga dapat sambil belajar berbahasa Inggris untuk anak didik kita. Nah, sekarang mari kita lihat beberapa penjelasan tentang website yang menyediakan media pembelajran online. Selamat memcoba …….
1. IXL, Math Grades Pre-K to 8 ( www.ixl.com )

Dalam website ini, kita akan menemukan banyak sekali media pembelajaran, khususnya media pembelajaran matematika. Didalam website ini banyak menyediakan berbagai materi tentang matematika, baik matematika dasar maupun matematika untuk anak usia Sekolah Dasar, hanya saja website ini berbahasa Inggris, namun tidak ada salahnya mencoba, dan sambil mengajarkan kepada anak didik kita tentang berbagai bentuk bangun serta istilah matemtaika dalam bahasa Inggris. Anda diharapkan terlebih dahulu membuka dan mempelajari website ini sebelum anda menunjukkannya kepada anak murid anda, karena anda akan dikenalkan kepada bahasa-bahasa matematika Inggris. Jangan heran, matematika dalam bahasa inggris memang seperti itu. Maka tidak ada salahnya anda belajar dan mencoba mengenalkannya kepada anak didik anda.2. National Geographic ( for Kids ) – www.nationalgeographic.com Website yang satu ini menyediakan berbagai macam fenomena tentang alam. Anda dapat menggunakan website ini ketika anda dan siswa anda hendak belajar tentang SAINS. Di web ini tersedia beberapa Media Pembelajaran SAINS berupa game, video, cerita hewan, dan masih banyak lagi yang bisa anda temukan disini. Selamat mencoba.
3. Primary Games – www.primarygames.com
Satu lagi website yang menyediakan media online dan yang paling penting gratis, kita dapat menikmatinya tanpa harus membayar, namun untuk akses yang lebih jauh dan lebih baik anda perlu merogo kocek untuk mendapatkannya. Di web ini anda dapat menemukan banyak sekali game pembelajaran dan media lainnya sebagai bahan anda untuk mengajar. Anda juga dapat mendownloadnya di area Download di website ini.
4. Pendidikan Anaku Sayang.
Website ini berasal dari negeri Jiran Malaysia, walaupun negara kita dan malaysia lagi berkecamuh tentang bermacam-macam hal, tidak ada salahnya kita mengintip sedikit tentang game pendidikan yang ada di negeri ini. Bahasa yang digunakan ada yang berbahasa Inggris dan ada pula yang berbahasa Malaysia, namun untuk memahaminya tidaklah sulit, seperti halnya film ” Ipin dan Upin” yang sering tayang dilayar kaca.
Itulah beberapa website yang dapat saya share, sebenarnya masih banyak lagi website lain, anda dapat mencarinya di Seach Engine Google. Dan mungkin ada beberapa website yang menyediakan layanan seperti diatas namun telah berbahasa Indonesia. Silahkan di-Share di kotak komentar ya bos… hehehe..Update Artikel Desember 2010 : Halo teman, artikel ini adalah update terbaru dari kumpulan website media pembelajaran online. Kami cuma ingin sedikit men-share tentang tambahan websitenya. Ternyata di Indonesia juga terdapat website onlinenya, yaitu http://www.duniabelajar.com. Nah, disana anda dapat memilih media interaktif online pada bagian Permainan. Anda dapat juga memilih permainan yang ingin anda tunujukan pada siswa anda, siswa anda juga dapat ikut memainkannya. Jika ingin tau lebih lanjut silahkan saja kunjungi website tersebut.



Karya John Ady Susilo Tenaga Pendidik SDN4 Bayung Lencir


0 Responses So Far: